Langkah-langkah Instalasi Windows 7

Kamis, 05 Januari 2012


Bagi yang udah tau cara instalasi windows XP, sebenarnya instalasi windows 7 gak jauh beda dengan Windows Vista. Tapi tetap aja yang ga tau masih kebingungan.Nah, kali ini mas-masnya Optimus mau coba sharing langkah demi langkahinstalasi windows 7.

Langkah 1
Masukkan DVD instalasi Windows 7 ke drive DVD Roomnya. 

Langkah 2
Pastikan pengaturan bios agar booting pertama kali dilakukan lewat DVD Room. Caranya atur bios biar bisa booting lewat DVD gimana?Hmm...biar gak kepanjangan tutorialnya, nanti kita kasih juga artikelnya. Sementara kita anggapnya udah pada pintar semua aja ya, biar gak ada kecemburuan sosial. Nah kalo udah diatur pasti ada tulisan "press any key to boot from CD/DVD........" lalu tekan sembarang tombol di keyboard. Kalo gak ada tulisannya cek apakah monitor Anda normal. Kalo gak normal servisnya di Optimus juga bisa kok. Udah ada tulisannya sekali lagi tombol keyboard nya.


 Nah,setelah itu Windows 7 Setup Screen akan muncul.





Langkah 3
Tunggu tampilan kayak gambar di bawah ini muncul.


Kalo sudah muncul, tinggal pilih bahasa dan tempat kamu sedang nginstal windows7 lalu klik Next .Gak mau repot milih? Langsung klik Next.

Langkah 4
Langsung klik pada Install Now.

Langkah 5
Setiap program/aplikasi tentu memilikili sensi dan peraturan tertulis, begitu juga dengan Windows 7. Isinya tentu saja undang-undang yang harus disetujui oleh pihak yang ingin menggunakannya. Jadi, jika muncul kayak gini tinggal disetujui aja, kasih tanda centang pada "I accept the license terms" trus klik Next.

Langkah 6
Upgrade :Digunakan untuk beralih versi dari windows sebelumnya (misal windows XP) ke Windows 7.
Custom (advanced) : Nah, ini yang akan kita gunakan untuk instalasi windows 7. Udah klik aja, gausah pake lama.

Langkah 7
Langkahiniadalahuntukpengaturanpartisi.Jikamelihatpadagambar, berartiharddiskkitabelumdipartisisamasekali.

Jika ingin membagi harddisk dalam beberapa partisi, klikpada "Drive Option (advanced)", maka akan muncul seperti gambar berikut.

Pilih harddisk yang ingin dipartisi, klikpada "New", tentukan ukuran partisi 1, klik "Ok". Lakukan untuk membuat partisi lainnya. Kalo sudah, klik pada partisi yang ingin digunakan untuk instalasi Windows 7, kemudian klik "Next".

Langkah 8
Sampai langkah ini kita bisa tinggal untuk aktifitas lainnya. Udah selesai ? Belum, cuma dari pada bengong di depan PC nungguin langkah selanjutnya, mending digunakanbuat yang lainnya. Time is money, men....

Langkah 9
Waduh,komputernya restart nih, gimana dong??? Santai aja, itu bagian dari proses instalasi. Setelah restart kita akan menemukan laya rseperti gambar berikut. Isikan nama yang ingin digunakan untuk user account komputer Anda. Selesai klik Next.

Langkah 10
Apakah Anda punya sifat pelupa? Hmm..jika punya mending ga usah diisi passwordnya. Langsung klik Next aja.

Langkah 11
Hayo...di sini pasti ketahuan siapa yang beli windowsnya asli atau ga. Silakanmasukkan product key yang ada pada stiker saat membeli  DVD Windowsnya.


"Automatically activate Windows when I'm Online" artinya saat kita terhubung dengan internet, kita akan otomatis mendaftarkan Windows kita pada situs Microsoft untuk dapat menikmati layanan update otomatis. Kalo gamau repot, buang aja tanda ceknya. Klik  Next.

Langkah 12
Tentuin deh tanggalnya sama zona waktunya. Udah pada punya kalender 2012 kan? Yang belum bisa pesandesainnya di ORANGE lho, bisa ditambahin fotonya sendiri-sendiri, atau ditambah foto pacar biar dikata dekat dimatajauh dimana ga ketauan.  Klik Next jika selesai.

Langkah 13
Sejauh ini langkah instalasi kita berhasil, tinggal tunggu hasilnya sampai muncul seperti gambar berikut.

2 komentar:

Alfian Dwi Antono mengatakan...

Nice info Gan :-)

Sekalian Laporan nih, blog anda sudah saya follow, follow baliknya ditunggu ya >>

http://fianblog.blogspot.com

Terima Kasih

LiaFahri mengatakan...

Thanks gan.. :D

OK, pasti daku follow balik..

makasih sudah mau mampir.. :)

Posting Komentar

 
;